Memilih Wearpack Bengkel Yang Aman dan Nyaman

Keselamatan kerja merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan. Beberapa jenis pekerjaan memang terkadang memiliki resiko atau bahaya yang cukup besar. Salah satu alat keamana yang dapat mengurangi resiko bahaya tersebut adalah pakaian safety. Di masyarakat indonesia pakaian safety ini biasa disebut juga wearpack. Wearpack ini juga banyak sekali macamnya. Dari wearpack biasa seperti wearpack bengkel hingga wearpack safety untuk pekerjaan dengan bahaya tinggi seperti pemadam kebakaran dan penjinak bom.

Berbeda bahaya atau resiko yang dihadapi berbeda pula jenis wearpack yang dipakai. Salah satu perbedaan wearpack ini biasanya terletak pada bahan pembuat wearpack yang digunakan. Jika anda lihat wearpack begkel, bahan yang digunakan memang hanya kain biasa. Kemudian karena di bengkel terdapat banyak bahan yang mudah terbakar, biasanya wearpack bengkel tidak dilengkapi dengan kantong atau saku. Hal tersebut untuk menghidari pekerja membawa barang barang yang dapat membahayakan seperti korek api dan lainya.

Dua KW pertama baju wearpack dan yang lainya wearpack kerja  untuk pemadam kebakaran biasaya terbuat dari bahan tahan api untuk melindungi petugas saat bekerja. Tentu pemilihan jenis wearpack harus melihat jenis pekerjaan yang dilakukan. Untuk pekerjaan dengan resiko sedang seperti bengkel ini tidak menjadi masaah jika menggunakan wearpack dengan bahan biasa. Namun untuk pekerjaan dengan bahaya tinggi tentu bahan yang digunakan tidak boleh sembarangan. Selain bahan tahan api untuk pemadam kebakaran, bahan anti radiasi juga sangat penting bagi peneliti teknologi nuklir. Dari contoh contoh tersebut tentu anda memahami seperti apa penggunaan dan pemilihan wearpack tersebut.

tokootomotif.com

Tips Memilih Wearpack Bengkel

Untuk wearpack bengkel ini memang tidak memerlukan spesifikasi khusus terkait bahan yang digunakan. Hal ini tentu berkaitan dengan resiko pekerjaan bengkel yang memang tidak terlalu besar. Meski demikian dalam memilih wearpack bengkel ini anda juga tidak boleh asal asalan. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Hal pertama adalah desain wearpack. Agar mudah saat digunakan dan dilepas, pilihlah wearpack dengan model besar. Selain mudah dipakai hal tersebut juga akan memberi kelonggaran bagi anda atau pekerja anda. Selanjutnya untuk pekerjaan bengkel, pilihlah wearpack yang didesain tanpa menggunakan kantong. Hal ini untuk mencegah kelalaian seseorang dalam membawa benda benda tajam atau juga benda lain yang berbahaya jika terbawa ke bengkel. Korek api misalnya. Tentu segala sesuatu harus disesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk juga pakaian safety atau wearpack ini. Semakin tinggi bahaya yang mungkit terjadi, semakin tinggi pula alat pengamanan yang harus disediakan seperti pakaian wearpack bengkel ini.

Kegunaan Wearpack Bengkel

Mungkin karena wearpack bengkel ini hanya terbuat dari kain biasa saja, bukan berarti anda bisa memilih wearpack ini secara asal asalan. Ada beberapa kegunaan dari wearpack bengkel yang sebenarnya sangat peting untuk anda pahami. Pertama wearpack ini dapat melindungi pekerja bengkel dariberbagai kotoran seperti debu dan sisa sisa oli. Selanjutnya pakaian wearpak yang tepat di bengkel akan membaut para pekerja semakin nyaman melakukan pekerjaanya. Dengan demikian akan tercipta lingkungan kerja yang baik dan hasil pekerjaan menjadi lebih maksimal.Selain hal tersebut, wearpack ini juga memiliki fungsi atau peran tambahan lain. Fungsi tersebut adalah fungsi identitas. Hal ini membantu orang lain untuk mengenali jenis pekerjaan dilihat dari pakaian yang dikenalan. Tentu anda dapat memilih warna yang berbeda untuk setiap jenis pekerjaan yang berbeda beda pula.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *