Membangun Karakter Melalui Dongeng Dongeng Anak (Islami)

Membangun karakter positif anak dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan keinginan orang tua. Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh orang tua adalah dengan membacakan dongeng. Dongeng adalah bacaan favorit anak, banyak dari orang tua yang memanfaatkan kesukaan anak-anak terhadap bacaan yang satu ini untuk membangun karakter anak. Memabaca dongeng dongeng anak (islami) dapat membangun dasar agama pada anak-anak. Membangun karakter melalui dongeng-dongeng anak yang inspiratif membantu memperkenalkan anak dengan nilai-nilai kehidupan yang mereka butuhkan. Distributor gizidat dongeng maka anak akan lebih mudah untuk memahami dan lebih mudah untuk mengingat. Metode menggunakan dongeng memang merupakan salah satu metode yang tepat.

 

Dongeng Anak Anak (Islami)

Dongeng adalah bacaan yang bersifat fiktif yang di dalamnya terdapat nilai moral yang dibungkus dengan jalan cerita yang menarik. Ada banyak  jenis dongeng yang bisa bunda pilih untuk bahan bacaan anak-anak.salah satunya adalah dongeng dongeng anak inspiratif berbau islami. Jenis dongeng ini memberikan cerita inspiratif dan nilai moral yang berbau islami sehingga sangat baik jika dimanfaatkan untuk bahan bacaan anak. Selain menarik dan disukai oleh anak-anak cerita yang disajikan memiliki pesan moral  sangat berguna bagi pembentukan karakter anak. Dongeng memang terbukti mampu membangun karakter anak. Memanfaatkan membangun karakter melalui dongeng dongeng anak (islami) disukai oleh anak-anak maka mereka cenderung akan meniru perilaku dari tokoh dan lebih mudah mengingat apa yang dimaksud dari cerita tersebut. akan menjadi pilihan yang bijak jika bunda memanfaatkan hal tersebut untuk membantu membangun karakter anak-anak. Dan berikut adalah kelebihan membangun karakter anak lewat dongeng dongeng anak (islami):

  1. Lebih mudah diterima oleh anak-anak. Membangun karakter melalui dongeng dongeng anak (islami) membangu karakter kuat dan mudah diterima oleh anak anak. Jika menggunakan cara konvensional menggunakan dongeng lebih menguntungkan. Karena sifat anak yang cenderung mengingat hal-hal yang menarik dan mereka sukai membuat mereka lebih mudah menerima apa yang kita maksud.
  2. Lebih variatif. Kita bisa menyampaikan per-contoh sifat terpuji dengan jenis cerita yang berbeda, contoh meneladani kisah kejujuran dari cerita A. Metode ini terbukti lebih efektif. karena menggunakan cerita yang berbeda untuk setiap satu karakter terpuji.
  3. Mudah diingat anak. Anak akan cenderung lebih mudah mengingat sesuatu yang mereka sukai. Dan karena dongeng adalah salah satu hal yang disukai anak-anak maka anak akan lebih mengingat apa yang diceritakan di dongeng. Sehingga orang tua juga akan lebih diuntungkan oleh hal tersebut.
  4. Akan di tiru oleh anak. Anak memiliki masa dimana mereka akan meniru apa yang meeka lihat dan apa yang mereka sukai. Menggunakan ilustrasi dongeng membuat anak akan meniru perilaku yang dilakukan oleh tokoh yang ada di dalam cerita. Dan hal ini akan sangat bagus sebagai kontrol perilaku dan pengembangan karakter anak.
  5. Mendekatkan anak dengan orang tua. Salah satu kelebihan lain yang dimiliki metode ini adalah dongeng akan mendekatkan anak dengan orang tua. Sehingga anak akan memiliki sifat welas asih dan penyayang.

 

Hal yang perlu kita perhatikan saat menggunakan dongeng dongeng anak (islami) untuk

membentuk karakter anak adalah konteks dan nilai moral yang terdapat di dalam cerita. Memilih cerita yang sesuai dengan usia anak dan tidak mengandung konten yang tidak seharusnya di tiru adalah  yang utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *